Diantara Berjuta Mata Air Ilmu

.

About


ShoutMix chat widget

Kamis, 03 Maret 2011

Ketenangan



Oleh. Ari Wahyono

Ketenangan sejati sebenarnya akan diperoleh seseorang ketika ia dekat dengan sesuatu yang memiliki Sifat superior dan Maha. Ini secara alamiah sebenarnya dapat diamati sejak jaman pra sejarah. manusia akan cenderung dengan hal ini.

Sebagai mana animisme dan dinamisme berkembang, sebenarnya ini adalah keyakinan yang primitif berkembang. Siapapun insan, ia akan mendekat mencari dan cenderung kepada sesuatu yang menentramkan hati, sesuatu yang melindungi, menolong, mencukupi kebutuhan.

Sifat insani ini bawaan. dari mana? dari Sang Penciptanya.

Coba kita baca ayat-ayat kauniah. Mengapa orang banyak yang mendirikan rumahnya di tepi tebing batu yang kokoh.....ketika mereka di tanya jawabannya: "kami merasa terlindungi batu kokoh ini" nah ada 'perasaan tenang' bersama sifat 'melindungi dengan kekokohannya'.

Pernah saya bertanya mengapa nelayan suka memilih tempat tinggal di tepi laut, ada jawaban "mas , disini mencari kebutuhan sehari-hari paling tidak mudah. cukup kail, umpan lemparkan kami akan dapatkan ikan melimpah". ketenangan mereka dapatkan karena ketersediaan kebutuhan mereka.

Sebenarnya dan memang inilah sifat insaniyah kita. Kita sebenarnya kemanapun bersama Dzat Yang Maha ...Maha Kasih, Maha Sayang, Maha Perkasa, Maha Cinta, Maha Melindungi, Maha Adil, Maha Pemberi Rizqi....

Pertanyaanya kenapa manusia masih sering GELISAH tidak TENANG? sehingga hidupnya jadi jauh dari ketenangan. Nantikan jawabannya di tulisan berikutnya..

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources